Perbedaan Grup Dengan Halaman ( Fan Page ) Pada Facebook

>> Sabtu, 24 Juli 2010


Saya harus membuat Halaman, atau Grup saja? Mungkin itu pertanyaan yang timbul jika belum tahu perbedaanya.

Grup dan halaman memang sama-sama bisa berfungsi untuk mengumpulkan massa. Namun kedua fasilitas Facebook tersebut memiliki tujuan yang berbeda.

Apa itu Grup Facebook?

Grup Facebook adalah tempat berkumpul orang-orang yang memiliki kesamaan minat, kota, sekolah, dan sebagainya. Dalam dunia nyata grup bisa disamakan seperti klub, geng, dsb. Anda bisa membuat grup untuk alumni, akstra kurikuler, sekolah dan sebagainya.

Grup bisa bersifat terbuka (semua orang bisa bergabung), tertutup (butuh izin pengurus untuk bergabung), atau rahasia (hanya yang diundang yang bisa bergabung.

Di dalam Grup ada anggota yang disebut Pengurus (Administrator) dan Petugas (Officer). Pengurus berwenang untuk melakukan semua hal, seperti menghapus anggota, menyunting pengaturan grup, dsb. Sedangkan Petugas adalah sebuah jabatan. Hanya jabatan. Tidak memiliki wewenang khusus (jadi seperti anggota Grup lainnya).

Anggota bisa mengundang teman-temannya ke dalam Grup.

Grup bisa mengirimkan pesan massal kepada anggotanya jika jumlah anggota tidak lebih dari 5.000. Jika anggota Grup melebihi 5.000, opsi untuk mengirim pesan akan hilang.

Contoh Grup Facebook yang saya buat :

Din Wildan Pole

Apa itu Halaman Facebook?

Halaman facebook dianggap sebagai profil sebuah lembaga. Sebuah lembaga di sini artinya bisa band, merek, perusahaan, website, dsb. Jadi jika anda memiliki, misalnya sebuah usah, membuat halaman disarankan daripada membuat profil.

Halaman bisa memiliki penggemar. Tidak seperti Profil, orang bisa langsung menjadi penggemar tanpa menunggu persetujuan pemilik Halaman.

Seperti layaknya Profil, Halaman bisa juga menggunakan Aplikasi.

Tidak seperti Grup, Halaman bisa mengirimkan pesan massal kepada seluruh Penggemarnya. Meski jumlah penggemar melebihi 5.000. Istilah untuk pesan massal ini disebut “Pembaruan.”

Pilih Halaman atau Grup?

Ada beberapa kriteria yang harus dipertimbangkan sebelum Anda memilih untuk membuat Halaman atau Grup.

Jumlah massa yang akan Anda kumpulkan

Grup memiliki batasan 5.000 anggota untuk mengirim pesan massal. Jika angka 5.000 belum cukup, Anda bisa membuat Halaman.

Pengaturan Privasi

Grup memiliki lebih banyak pilihan untuk privasi untuk keanggotaannya. Grup bisa dibuat tebuka, tertutup atau rahasia. Sedangkan Halaman lebih memungkinkan semua orang bisa bergabung. Namun Halaman juga memiliki pilihan untuk usia dan lokasi profil yang boleh menjadi penggemar.

Pribadi dan Lembaga

Grup bersifat lebih pribadi. Administrator yang berinteraksi dengan anggota bertindak sebagai dirinya sendiri (profilnya). Admin Halaman berinteraksi dengan penggemarnya sebagai Halaman itu sendiri, karena penggemar tidak bisa tahu siapa saja yang menjadi Admin.

Selain itu, Grup tidak bisa diindeks oleh mesin pencari. Sedangkan Halaman bisa diindeks. Halaman bisa memiliki nama pengguna sendiri. Misalnya http://www.facebook.com/nama.halaman. Jika Anda memiliki halaman, silakan buka http://www.facebook.com/username untuk URL Halaman yang lebih baik.

Kemudahan Kostumasi

Karena Halaman bisa dipasangi aplikasi, Anda memiliki lebih banyak kesempatan untuk mengaturnya sesuka hati. Grup tidak bisa dipasangi aplikasi.

Kesimpulannya?

Grup lebih baik untuk membentuk komunitas kecil, yang anggotanya tidak lebih dari 5.000 orang. Jika Anda memiliki usaha, band, merek, dsb, membuat Halaman lebih cocok.

1 komentar:

jual abon 26 Maret 2014 09.51  

OO begitu. Baru tahu ane kalau Group FB dibatasi 5000 anggota.

Poskan Komentar

Facebook Page

IP Adress

IP

Pengunjung

free counters

Kawan Blogging

  © Blogger template Werd by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP